Anda perlu mengupgrade Flash Player Anda atau ijinkan javascript untuk mengenable menu website.
Unduh Flash Player

Sistem Informasi Kepegawaian

 Senin, 20 Agustus 2012 02:40:45 - oleh : admin
Rating: 4.1/10 (418 votes cast)

Sistem Informasi Kepegawaian
Penerapan teknologi informasi dalam pengolahan data saat ini mutlak diupayakan semenjak keterdesakan akan kebutuhan informasi yang aktual serta akurat dalam pengambilan keputusan. Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) Merupakan sebuah perangkat lunak yang akan membantu dalam mengorganisir data dalam proses akuisisi, eksekusi hingga retrivasi data yang akan memudahkan dalam penyebaran, integrasi hingga analisis bagi pengambilan keputusan bidang sumber daya manusia pada suatu instansi.
Secara spesifik tujuan dari pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian adalah untuk mendukung integritas data, kemudahan pengaksesan, dan kemudahan pengelolaan sehingga dapat mendukung kelancaran pelaksanaan dan fungsi dalam bidang administrasi kepegawaian yang efektif dan efisien.


SIMPEG yang kami rancang terdiri dalam versi Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah. Sistem kami dapat disesuaikan dengan ketentuan dan business process yang ada pada setiap instansi. Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) yang kami rancang merupakan sistem informasi dengan bahasa pemrograman dan database yang bersifat Open Source/Free, di mana user/klien kami tidak perlu lagi membeli software-software pendukung guna mengaplikasikan SIMPEG tersebut. Dengan penggunaan teknologi Web Based, akan memudahkan penggunaan SIMPEG tersebut dalam suatu jaringan Client-Server, baik yang bersifat Local maupun Internet/Online.

KOMPONEN SISTEM


1. ADMINISTRASI SISTEM
yaitu komponen yang bertanggung jawab untuk memelihara data-data induk yang nantinya digunakan oleh Sistem Informasi Kepegawaian, misalnya : data-data instansi, satuan kerja, unit kerja, propinsi, kabupaten, dll. Selain memelihara data-data induk, komponen ini juga bertanggung jawab untuk dalam hal manajemen pengguna, yaitu memberikan hak-hak sesuai dengan jenis pengguna.
2. PELAPORAN MANAJEMEN
Yaitu komponen yang menghasilkan laporan-laporan manajemen, misalnya jumlah pegawai, informasi pendidikan,jumlah pegawai per golongan/pendidikan, daftar riwayat hidup sesuai format BKN dll.
3. DATA ENTRI
Komponen ini merupakan komponen yang sangat penting, karena komponen ini bertanggung jawab dalam memelihara data-data Kepegawaian, misalnya biodata pegawai, jabatan, pendidikan, tunjangan KP4, kenaikan gaji berkala (KGB), cuti, hukuman disiplin, kenaikan pangkat/golongan dll.
4. OUTPUT
Komponen ini menghasilkan keluaran-keluaran berupa cetakan yang merupakan hasil dari proses yang dilakukan oleh Sistem Informasi Kepegawaian misalnya SK, daftar riwayat hidup, dll. 
Penerapan Sistem Informasi Kepegawaian berguna bagi decision maker untuk memanage SDM sesuai sasaran kegiatan dalam bidang pengelolaan dan pengembangan SDM, sehingga dapat meningkatkan mutu dan kredibillitas layanan secara menyeluruh, baik layanan yang berhubungan dengan pihak-pihak di luar institusi maupun internal institusi itu sendiri.

Spesifikasi dan Peryaratan System

  • Teknologi client server
  • PHP Server side scripting dengan Teknologi Ajax
  • Database mysql
  • System operasi multi platform (eg : windows, unix)

GAMBARAN SISTEM

A. Halaman Utama

Sistem Informasi Kepegawaian Administrator

Gambar Halaman Utama

B. Modul Data Master
Modul data master diantaranya : agama, kedudukan pegawai, status perkawinan, golongan darah, tipe PNS, surat tanda lulus ujian dinas, pekerajaan, status tunjangan, wilayah pembayaran KPN, wilayah kerja, jabatan, pendidikan, unit instansi kerja, surat-surat.

Sistem Informasi Kepegawaian Menu Master

Gambar Menu Data Master

C. Modul Data PNS
Modul data PNS yaitu modul untuk mengolah data PNS sesuai dengan ketentuan format BKN. Data PNS berisi informasi tentang : daftar riwayat hidup, lokasi kerja, pengalaman kerja, pengangkatan PNS, pangkat, jabatan, gaji, pendidikan umum, pendidikan lain, diklat struktural, diklat fungsional, keterangan keluarga, kunjungan luar negeri, tanda jasa, pengalaman organisasi.

Sistem Informasi Kepegawaian Menu PNS

Gambar Menu PNS

Sistem Informasi Kepegawaian Form PNS

Gambar Form Input PNS


D. Modul Proses
Terdapat beberapa proses-proses yang berhubungan dengan kepegawaian, seperti : gaji berkala, mutasi lokasi kerja, kenaikan pangkat, jabatan terakhir, pensiun, penilaian, surat-surat.

Sistem Informasi Kepegawaian Menu Data Proses

Gambar Menu Modul Proses


E. Modul Laporan
Terdapat beberapa jenis pelaporan, diantaranya : data PNS, riwayat PNS, gaji berkala, kenaikan pangkat, penilaian PNS, surat-surat, grafik.

 

Sistem Informasi Kepegawaian Data Laporan

Gambar Data Laporan


F. Modul Managemen Pengguna
Mengolah data user dan memberikan privilege tertentu terhadap system

 

Data managemen

Gambar Modul Managemen

 

DEMO Version Klik Di Sini Username : admin dan password : admin

kirim ke teman | versi cetak

Share |

Berita "Software" Lainnya